Jun 8, 2012

contoh RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor:            .

                                    Sekolah                       :  SMP
                                    Mata Pelajaran          : Matematika
                                    Kelas/ semester           : VII/I
                                    Alaokasi Waktu          :  8 x 45 menit
                                               

A.     Standar Kompetensi

2.   Memahami dan dapat melakukan operasi bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, himpunan serta dapat menggunakan dalam pemecahan masalah.


B.                                                                                                                                                                             Kompetensi Dasar

2.3. Menggunakan operasi bentuk aljabar dalam kegiatan ekonomi.

C.     Indikator

·         Melakukan simulasi aritmatika sosial tentang kegiatan ekonomi sehari-hari.
·         Menghitung nilai keseluruhan, nilai perunit dan nilai sebagian.
·         Menentukan besar dan persentase laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, netto, pajak, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi.

D.    Tujuan Pembelajaran

·         Siswa dapat menyatakan harga beli, harga jual, untung atau rugi dalam suatu perdagangan.
·         Siswa dapat menghitung salah satu dari harga beli, harga jual, untung atau rugi jika dua diantaranya diketahui.
·         Siswa dapat menentukan persentase untung terhadap harga pembelian.
·         Siswa dapat menentukan persentase rugi terhadap harga pembelian.
·         Siswa dapat menghitung salah satu dari harga pembelian, harga penjualan, untung atau rugi (dalam rupiah/persen) jika dua di antaranya diketahui.
·         Siswa dapat melakukan perhitungan perdagangan yang melibatkan rabat (diskon), bruto, netto, dan bonus.
·         Siwa dapat menghitung bungan tunggal dari suatu tabungan/pinjaman dala periode waktu tertentu.

E. Materi Pokok

Aljabar dan aritmatika sosial.

F.     Metode Pembelajaran

·         Kombinasi ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

G. Strategi Pembelajaran

Pertemuan I          
Pendahuluan
1.      Mengingatkan kembali tentang apa yang terjadi dalam suaatu proses perdagangan suatu barang.
2.      Menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
1.      Guru menyajikan masalah kontekstual yang berhubungan dengan masalah jual beli dengan memberikan tugas kepada siswa untuk menceritakan proses jual beli.
2.       Dengan tanya jawab guru membimbing siswa untuk mendapatkan pengertian harga pembelian, harga penjualan, untung, dan rugi.
3.      Guru membimbing siswa cara menghitung untung/rugi jika harga penjualan/pembelian diketahui.
4.      Siswa diminta menyimpulkan bagaimana cara menentukan harga pembelian/penjualan jika diperoleh untung/rugi.
5.      Cara menghitung harga pembelian, harga penjualan atau untung/rugi  jika dua di antaranya diketahui dengan meminta siswa mengerjakan LKS 2.3a secara berkelompok.
6.      Meminta siswa mengerjakan soal latihan 3.3a halaman 70 buku paket.
Penutup
1.      Siswa membuat rangkuman.
2.      Siswa diberi PR.


Pertemuan II
Pendahuluan :
1.      Membahas PR.
2.      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti
1.      Guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang bagaimana cara menghitung persentase untung/rugi jika diketahui harga pembelian dan penjualan.
2.      Guru meminta siswa mengerjakan LKS 2.3b secara berkelompok.
3.      Guru meminta siswa melaporkan hasil  kelompok dan kelompok yang lain menanggapi.
4.      Guru meminta siswa mengerjakan soal latihan.
5.      Guru membimbing siswa bagaimana cara menghitung harga pembelian jika diketahui  persentase untung/rugi dan harga penjualan.
6.      Guru meminta siswa secara berpasangan untuk membuat contoh soal sendiri tentang perhitungan harga penjualan/pembelian jika diketahui persentase untung/rugi dan harga pembelian/penjualan.
7.      Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal tersebut.
8.      Guru bersama siswa membahas soal yang dikerjakan oleh siswa tersebut.
Penutup
1.      Siswa membuat rangkuman.
2.      Siswa diberi PR.

Pertemuan III
Pendahuluan
1.      Membahas PR.
2.      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti
1.      Guru membimbing siswa untuk memahami apa yang yang disebut rabat/diskon dan bagaimana cara menghitung harga yang harus dibayar dalam suatu pembelian yang memperoleh rabat(diskon) dalam persentase tertentu.
2.      Guru meminta siswa menghitung yang harus dibayar dalam suatu pembelian yang memperoleh rabat(diskon) dalam persentase tertentu.
3.      Guru membimbing siswa untuk mendapatkan pengertian bruto, netto, tara, dan bonus.
4.      Guru meminta siswa mengerjakan LKS 2.3d secara berkelompok.
5.      Guru meminta satu atau dua orang untuk melaporkan hasil kerja kelompoknya dan kelompok yang lain diminta untuk menanggapi.
6.      Guru meminta siswa mengerjakan soal.
7.      Guru bersama siswa membahas soal yang dikerjakan oleh siswa.
Penutup
      Bersama siswa membuat rangkuman.
Pertemuan IV
Pendahuluan
1.      Membahas PR yang dianggap sukar oleh siswa.
2.      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
3.      Memotivasi siswa untuk memperhatikan pelajaran yang akan diberikan oleh guru.
Kegiatan Inti
1.      Guru membimbing siswa memahami bahwa dalam dunia perbankan, jika kita menabung di bank maka dalam jangka waktu tertentu kita akan mendapatkan bunga atas tabungan tersebut.
2.      Guru membimbing siswa tentang bagaimana cara menghitung besarnya bunga tunggal atas suatu tabungan dalam periode waktu tertentu, dengan meminta siswa mengerjakan LKS 2.3e secara berkelompok.
3.      Guru meminta satu atau dua orang siswa untuk melaporkan hasil kerja kelompoknya, dan kelompok lain diminta untuk menanggapi.
4.      Guru meminta siswa mengerjakan soal.
5.      Guru meminta siswa mengerjakan soal di papan tulis kemudian dibahas bersama-sama.
Penutup
1.      Guru bersama siswa membuat rangkuman.
2.      Guru memberi tugas rumah.

H. Sumber Belajar

Buku paket Matematika kelas VII.

I. Penilaian

2.      Jenis Tagihan               : Tes
3.      Teknik                         : Ulangan harian
4.      Bentuk Instrumen        : Uraian
5.      Soal/istrumen:

Pertemuan I
Pemahaman Konsep:
1.      Suatu barang dibeli dengan harga Rp 11.000,00 kemudian dijual dengan harga Rp 12.500  Tentukan keuntungan yang diperoleh
2.      Pak Amat menjual mobil dengan harga Rp 11.250,00 ia menderita rugi Rp 250.000,00  Berapakah harga pembeliannya
3.      Koperasi sekolah membeli 12 lusin buku dengan harga Rp 129.600. Jika buku tersebut dijual Rp 1100,00 tiap buah, untung atau rugikah koperasi tersebut? Tentukan besarnya
Penalaran dan Komunikasi:
4.      Seorang pedagang membeli pesawat televisi dengan harga Rp 850.000,00 setelah diperbaiki televisi itu dijual dengan harga Rp 1.080.000,00 untung atau rugikah orang tersebut? Tentukan besarnya.
Pertemuan  II
Pemahaman Konsep:
5.      Pak Dirjo membeli sepeda dengan harga Rp 125.000,00 dijual lagi dengan harga Rp 145.000,00 Tentukan persentase keuntungannya
Penalaran dan Komunikasi:
6.      Sebuah mobil bekas dijual dengan harga Rp 11.500,00 dari penjualan itu diperoleh laba 20 % Berapa harga pembelian mobil itu
7.      Mesin jahit dibeli dengan harga Rp 200.000,00 tentukan harga jual mesin jahit jika menderita rugi 30 %!
Pertemuan III
Pemahaman Konsep:
8.      Sebuah toko pakaian memberi rabat 20 % kepada pembeli. Andi membeli celana panjang dengan harga Rp 25.000,00 Berapa rupiah  Andi harus
9.      Pemilik toko membeli 5 karung beras dengan harga Rp 80.000,00 tiap karung. Pada setiap karung tertera bruto 100 kg netto 98 kg. Jika beras dijual secara eceran dengan harga Rp 800,00 Berapakah kerugian yang diderita toko tersebut?
Pertemuan IV
Penalaran dan Komunikasi
10.  Toni menyimpan uang di bank sebesar Rp 600.000,00 dengan sistem bunga tunggal tahunan sebesar 16%. Tentukan lama Toni menyimpan di bank, jika Toni menerima uang sebesar Rp 56.000,00?
11.  Nana menabung uang sebesar Rp 1.000.000,00 di bank dengan sistem bunga tunggal dan bunga tahunan. Tentukan besar sistem bunga jika bunga yang diperoleh Nana pada akhir tahun pertama Rp 80.000,00?


            Mengetahui
                                                                                   
Kepala Sekolah                                                                                    Guru Mata Pelajaran



                                                                                                                       
……………………                                                                              …………………….
NIP                                                                                                      NIP
                                                                                                                       
                                     

No comments:

Post a Comment

Pages

Followers