Mar 16, 2013

Pemanfaatan buah mengkudu sebagai bahan dasar pembuatan es cream


1.        Latar belakang
Munkin sering kita jumpai segala jenis tanaman obat yang berada di lingkungan sekitar kita, Salah satunya buah mengkudu. Buah ini memiliki banyak khasiat yang dapat menyembuhkan berbagai  macam jenis penyakit. Namun, banyak orang yang sakit mencari alternatif lain untuk mengobati  penyakitnya ketimbang menggunakan buah mengkudu, Karena  buah mengkudu memiki rasa yang pahit di tambah lagi buah mengkudu memiliki bau yang tidak enak.
Selama ini, Di berbagai tempat jarang kita menemukan olahan yang berbahan dasar buah mengkudu, munkin karena buah mengkudu memiliki rasa yang tidak enak sehingga tidak terjadi perkembangan olahan makanan yang menggunakan bahandasar buah mengkudu. Banyak cara untuk mengoah buah mengkudu,Baik buah mengkudu yang akan di gunakan sebagai obat maupun sebagai  bahan dasar pembuatan makanan.
Sehubungan dengan itu,  Untuk mengetahui cara mengolah buah mengkudu dalam rangka karya ilmiah ini , yang berjudul “pemanfaatan buah mengkudu sebagai bahan dasar pembuatan es cream”
2.        Rumusan masalah
a.    Bagaimanakah cara untuk memanfaatkan buah mengkudu yang  akan di buat sebagai bahan dasar Pembuatan es cream?
b.    Bagaimanakah cara mengolah buah mengkudu yang benar?
c.    Bagaimanakah cara untuk menghilangkan bau  buah pada buah mengkudu?
d.    Bagaimanakah tingkat kesukaan konsumen terhadap es cream buah mengkudu?

3.        Tujuan
a.    Mendeskripsikan cara pemanfaatan buah mengkudu sebagai bahan dasar dalam pembuatan es cream buah mengkudu.
b.    Mendiskripsikan cara mengolah buah mengkudu yang benar.
c.    Mendiskripsikan cara menghilangkan bau pada buah mengkudu.
d.    Mendiskripsikan tingkat kesukaan konsumen terhadap es cream buah mengkudu.
4.        Asumsi dan Batasan masalah
a.       Asumsi
Dalam penelitian ini berasumsi bahwa buah mengkudu akan terasa lebih nikmat apabila diolah menjadi bahan dasar es cream maupun bahan dasar berbagai macam makanan lainnya.
b.    Batasan masalah
-       Pengolahan buah mengkudu menjadi es cream dilakukan sebatas pengolahan sederhana  atau tradisional tanpa menggunakan alat modern, karena kurangnya ketersediaan alat yang ada.
-       Dalam penelitian ini sulit menemukan cara untuk menghilangkan bau pada buah mengkudu. Akan tetapi,bahan yang di gunakan untuk menghilangkan bau pada buah mengkudu adalah gula merah dan madu yang di tambahkan pada buah mengkudu yang sedang di rebus.
-       Dalam penelitian ini tidak ada dilakukan uji kandungan gizi pada buah mengkudu, dikarenakan tidak adanya  ketersediaan alat dan bahan-bahan kimia.
5.        Metode pengamatan
Metode pengamatan yang digunakan dalam penelitian karya ilmiah adalah dengan percobaan yang dilakukan berulang-ulang terhadap buah mengkudu pada saat buah mengkudu di rebus, karna sulitnya menghilangkan bau pada buah mengkudu yang sulit untuk di hilangkan.
6.        Manfaat
Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut.
Sebagai  pelengkap terhadap penelitian sebelumnya apabila telah ada yang melakukan uji  coba tersebut. begitupun sebaliknya, sebagai sumber  yang cukup lengkap terhadap penelitian yang sewaktu-waktu  dilakukan di masa depan.
Sebagai salah satu upaya untuk  megurangi  rasa tidak enak dan bau pada buah mengkudu yang memiliki banyak kegunan bagi  kesehatan manusia.

1 comment:

Pages

Followers